3/27/10

7 MENGENAL NIRMANA

Nirmana kurang lebih berarti kosong alias tidak ada apa-apa dan bisa juga berarti abstrak atau tidak bermakna. Berasal dari bahasa sansekerta Nir (tiada) dan Mana (arti). Kalimat tersebut merupakan sebuah ungkapan, bahwa pada awalnya, sebelum seseorang bertindak menciptakan sesuatu, masih belum ada apa-apa atau belum ada makna dari segala sesuatu. Hal tersebut kemudian di jadikan titik awal atau merupakan pelajaran yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin belajar tentang desain sebelum mulai berkarya.


Menurut dosen seni rupa yang ngajarin saya dulu, definisi nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis dan harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa. Elemen –elemen seni rupa pembentuk nirmana dapat dikelompokan menjadi 4 bagian berdasarkan bentuknya.

1.Titik, titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.
2.Garis, garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna.
3.Bidang, bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas; mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis.
4.Gempal, gempal adalah bentuk bidang yang mempunyai dimensi ketebalan dan kedalaman.
Contoh karya Nirmana
contoh nirmana
Tulisan ini akan berlanjut menjadi topic utama dalam postingan selanjutnya tentang Koleksi Artikel Desain Jurnal NIRMANA. Met weekend yaaa…

7 comments:

suryaden said...

wah keren tenan iku...

mantab

Nyach said...

Disini baru tahu aku tentang nirmana, sebelumnya hanya nirwala

salam kenal, ........aku tunggu

Wahyu BMW said...

Kreatif dan berbakat ... sesuai dengan namanya

Mattwahyu said...

Tidak banyak orang yang berbakat spt isi postingan di atas, perlu di kembangkan, selamat

annosmile said...

artinya itu ya,,
klo tipografis apa bro

Unknown said...

karyanya keren...

Ranny said...

knapa pindaaah??????

 

TIPOGRAFIS Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates